Hukum Ruqyah - Akidah

mozvid.blogspot.com - بسم الله الرحمن الرحيم
Salah satu cara untk mengobati penyakit di dlm Islam adlh dgn melakukan ruqyah. Ruqyah adlh bacaan yg diucapkan untk mengobati suatu penyakit / gangguan yg menimpa orang, hewan, / benda. Penggunaan ruqyah telah dikenal luas oleh manusia bahkan sejak sebelum Islam datang.

Dari segi hukum syariat, ruqyah ada dua jenis, yaitu: ruqyah yg diperbolehkan dan ruqyah yg dilarang. Bagaimana ruqyah yg diperbolehkan dan bagaimana pula ruqyah yg tak diperbolehkan? Berikut ni penjelasannya.

Pada dasarnya, ruqyah itu diperbolehkan di dlm Islam. Dari ‘Auf bin Malik Al Asyja’i radhiallahu ‘anhu, Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

اعرضوا علي رقاكم، لا بأس بالرقى ما لم يكن فيه شرك
Tampakkan kepadaku ruqyah-ruqyah kalian. Tidak ada masalah dgn ruqyah selama tak ada padanya kesyirikan. [HR Muslim (2200)]

Selain itu, Rasulullah صلى الله عليه وسلم pernah meruqyah orang lain dan jg pernah diruqyah. Begitu pula para sahabat pernah melakukannya pd masa Rasulullah صلى الله عليه وسلم hidup.

Ruqyah bagaimanapun bentuknya diperbolehkan sepanjang memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

1. Bacaan yg digunakan di dlm ruqyah berasal dari Al Qur`an ataupun dari doa-doa yg berasal dari hadits yg shahih / ucapan-ucapan yg mubah.

2. Bacaan yg diucapkan tak menyelisihi syariat, seperti doa kepada selain Allah, meminta pertolongan kepada jin, dan yg semisalnya.

3. Bacaan yg diucapkan haruslah menggunakan bahasa yg dpt dipahami. Jika bacaannya tak dpt dipahami seperti bacaan mantra dan perdukunan, maka hal ni tak diperbolehkan.

4. Tidak boleh meyakini bahwa ruqyah itu bisa menyembuhkan dgn sendirinya tanpa ada kehendak dari Allah. Wajib untk meyakini bahwa ruqyah itu hanyalah sebab saja yg tak akan bermanfaat melainkan dgn izin dari Allah ‘azza wa jalla.

Adapun jika suatu ruqyah tak memenuhi salah satu dari syarat-syarat di atas, maka ruqyah tersebut hukumnya menjadi haram bahkan bisa menjadi syirik.

والحمد لله رب العالمين
Sumber: Disadur dgn perubahan seperlunya dari kitab I’anatul Mustafid karya Syaikh Shalih Al Fauzan hafizhahullah dan Al Qaulul Mufid karya Syaikh Muhammad Al Utsaimin rahimahullah.

Title : Hukum Ruqyah - Akidah
Description : mozvid.blogspot.com - بسم الله الرحمن الرحيم Salah satu cara untk mengobati penyakit di dlm Islam adlh dgn melakukan ruqyah. Ruqyah adlh ba...

0 Response to "Hukum Ruqyah - Akidah"

Post a Comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *