Ayat Al Quran yang Bisa Membuat Kaya Jika Diamalkan - Islami

Ayat Al Quran yang Bisa Membuat Kaya Jika Diamalkan
178 - Al Quran adlh petunjuk dan pedoman hidup manusia terutama untk seorang mukmin. Di dlm ayat-ayat Al Quran tersimpan rahasia-rahasia hidup yg perlu kita pelajari. Ayat-ayat Al Quran memiliki bahasa tingkat tinggi sehingga perlu ilmu untk dpt memahaminya secara utuh dan menyeluruh.

Alhamdulillah, Allah karuniakan kepada kita semua para ahli tafsir dan hadits yg dpt menjabarkan dgn utuh dan menyeluruh dari ayat-ayat Al Quran. Di dlm Al Quran terdapat ayat-ayat yg membahas tentang rezeki dan cara mendapatkan rezeki dari Allah SWT. Berikut 7 Ayat Al Quran yg Bisa Membuat Kaya Jika Diamalkan yg telah disusun oleh Quran Cordoba :

Quran Surat Ar-Ra’d:11

Allah SWT berfirman :
لَهُ مُعَقِّبَاتٌ مِنْ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِ يَحْفَظُونَهُ مِنْ أَمْرِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ لا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ وَإِذَا أَرَادَ اللَّهُ بِقَوْمٍ سُوءًا فَلا مَرَدَّ لَهُ وَمَا لَهُمْ مِنْ دُونِهِ مِنْ وَالٍ (١١ Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yg selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yg dpt menolaknya dan tak ada pelindung bagi mereka selain Dia. (Q.S. Ar-Ra’d:11)

Tafsir Surat Ar-Ra’d ayat 11 ni sebagai berikut :
Allah tak akan mengubah keadaan mereka, selama mereka tak mengubah sebab-sebab kemunduran mereka. Ada pula yg menafsirkan, bahwa Allah tak akan mencabut nikmat yg diberikan-Nya, sampai mereka mengubah keadaan diri mereka, seperti dari iman kepada kekafiran, dari taat kepada maksiat dan dari syukur kepada kufur. Demikian pula apabila hamba mengubah keadaan diri mereka dari maksiat kepada taat, maka Allah akan mengubah keadaanya dari sengsara kepada kebahagiaan.

Dengan mengubah diri menjadi pribadi yg lebih baik maka Allah SWT akan mendatangkan rezeki dari arah yg tak disangka-sangka. Merubah diri yg tadinya kufur menjadi taat adlh pondasi awal untk meraih rezeki. Dengan adanya niat dan usaha untk merubah diri, pasti Allah SWT akan memudahkan kita untk berubah ke arah yg lebih baik.

Quran Surat Al-Baqarah:216

كُتِبَ عَلَيْكُمُ الْقِتَالُ وَهُوَ كُرْهٌ لَكُمْ وَعَسَى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَكُمْ وَعَسَى أَنْ تُحِبُّوا شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَكُمْ وَاللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنْتُمْ لا تَعْلَمُونَ (٢١٦ Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adlh sesuatu yg kamu benci. Tetapi boleh Jadi kamu membenci sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh Jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tak baik bagimu. Allah mengetahui, sedangkan kamu tak mengetahui. (Q.S. Al-Baqarah:216)

Seseorang yg mendapatkan sesuatu hal yg tak sesuai dgn harapan pasti akan kecewa. Padahal kita tak tahu apakah sesuatu itu sebenarnya baik / buruk bagi kita. Berbaiksangkalah kepada Allah SWT karena hanya Dia lah yg tahu mana yg baik dan mana yg buruk bagi kita. Sesuai dgn surat Al Baqarah ayat 216 di atas bahwa kita tak boleh membenci sesuatu hal, bisa jadi Allah sedang memberikan jalan keluar dari masalah-masalah yg sedang kita hadapi.
Jika kita mengamalkan ayat ni dlm berusaha, insyaallah kita tak mudah putus asa dan selalu berbaik sangka kepada Allah SWT. Segala hasil yg kita dapatkan akan disyukuri dgn sepenuh hati sembari bersabar dan berharap yg terbaik pasti datang dari Allah SWT.

Quran Surat Al-Baqarah: 286

لا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلا وُسْعَهَا لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ رَبَّنَا لا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا رَبَّنَا وَلا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا رَبَّنَا وَلا تُحَمِّلْنَا مَا لا طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ (٢٨٦ "Allah tak membebani seseorang melainkan sesuai dgn kesanggupannya. Dia mendapat pahala (dari kebajikan) yg dikerjakannya dan dia mendapat siksa (dari kejahatan) yg diperbuatnya. (Mereka berdoa), Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa / kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau membebani Kami beban yg berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan Kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yg tak sanggup kami memikulnya. Ma’afkanlah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah penolong Kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir.

Jelas dlm ayat diatas bahwa Allah tak akan membebani seseorang kecuali sesuai dgn kesanggupannya. Yakinlah jika kita berpikir tak sanggup, maka itu hanya anggapan kita saja. Kita pasti sanggup apabila menyanggupinya. Jangan kalah oleh pikiran negatif yg dgn mudah mengatakan tak sanggup untk berusaha dan menjadi kaya.

Dengan mengamalkan ayat ini, seseorang yg berusaha dgn sungguh-sungguh selalu mempunyai pikiran positif bahwa apa yg menjadi bebannya adlh beban yg sesuai dgn kesanggupannya. Dengan semangat ni segala macam urusan dan beban akan terasa ringan dan mudah untk melaluinya.

Quran Surat Al-Insyirah: 5 - 6

فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا (٥) إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا (٦) 5. Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. 6. Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan.

Tafsir surat Al-Insyirah ayat 5-6 :
Ini merupakan kabar gembira untk Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, yaitu bahwa tiap kali Beliau mendapatkan kesulitan, maka Beliau akan mendapatkan kemudahan setelahnya, dan bahwa betapa pun besar kesusahan yg Beliau alami, maka setelahnya Beliau akan merasakan kemudahan.

Oleh karena itu, sebelumnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam merasakan kesulitan dan penderitaan dari orang-orang kafir, selanjutnya Beliau mendapatkan kemudahan dgn diberi-Nya kemenangan atas mereka.

Dengan mengamalkan kedua ayat diatas kita yakin bahwa sesuatu itu diciptakan berpasang-pasangan oleh Allah SWT. Begitu jg dgn kesulitan yg berpasangan dgn kemudahan. Seseorang yg menghadapi kesulitan dgn sabar dan penuh harapan Allah SWT sesuai dgn ayat diatas pasti akan mendatangkan kemudahan. Setiap usaha yg ditempuh dgn penuh sabar dan harap pasti akan membuahkan hasil.

Seseorang yg menghindari kesulitan dia tak akan mendapatkan kemudahan. Jika kita berharap sesorang yg mengatasi kesulitan, maka orang lain lah yg mendapatkan kemudahan. Kita tak akan mendapatkan kemudahan dari kematangan, keterampilan, dan pengalaman yg didapatkan. Perhatikan ayat ke-6, ada kata sesungguhnya, artinya sebuah penguatan / penegasan akan kalimat sebelumnya.

Quran Surat Ath-Thalaq: 2-3

فَإِذَا بَلَغْنَ أَجَلَهُنَّ فَأَمْسِكُوهُنَّ بِمَعْرُوفٍ أَوْ فَارِقُوهُنَّ بِمَعْرُوفٍ وَأَشْهِدُوا ذَوَيْ عَدْلٍ مِنْكُمْ وَأَقِيمُوا الشَّهَادَةَ لِلَّهِ ذَلِكُمْ يُوعَظُ بِهِ مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مَخْرَجًا (٢) وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لا يَحْتَسِبُ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا (٣ 2. Maka apabila mereka telah mendekati akhir iddahnya, maka rujuklah mereka dgn baik / lepaskanlah mereka dgn baik dan persaksikanlah dgn dua orang saksi yg adil di antara kamu dan hendaklah kamu tegakkan kesaksian itu karena Allah. Demikianlah pengajaran itu diberikan bagi orang yg beriman kepada Allah dan hari akhirat. Barang siapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya. 3. Dan Dia memberinya rezeki dari arah yg tak disangka-sangkanya. Dan barang siapa bertawakkal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap sesuatu.

Dalam ayat ke 2 surat Ath-Thalaq Allah SWT akan membukakan jalan keluar bagi orang-orang yg bertakwa. Tafsir ayat ni adlh sebagai berikut :

Maka orang yg bertakwa kepada Allah dan mengutamakan keridhaan Allah dlm semua keadaannya, Allah Subhaanahu wa Ta’aala akan membalasnya di dunia dan akhirat. Di antara sekian balasannya adlh Allah Subhaanahu wa Ta’aala berikan jalan keluar dari tiap kesulitan dan kesempitan. Sebagaimana orang yg bertakwa kepada Allah, akan dibukakan jalan keluar baginya, maka orang yg tak bertakwa kepada Allah, akan terjatuh ke dlm kesempitan, beban dan belenggu yg sulit keluar dan lolos darinya.

Digunakan talak sebagai contohnya, karena jika seorang tak bertakwa kepada Allah dlm masalah talak, misalnya ia menjatuhkan talak dgn cara yg diharamkan seperti langsung tiga kali, maka ia tentu akan menyesal dgn penyesalan yg tak mungkin dpt dikejar lagi.

Sedangkan dlm ayat ke 3 surat Ath-Thalaq Allah SWT akan mencukupkan keperluannya dan memberikan rezeki dari arah yg tak disangka-sangka kepada orang yg bertawakkal.
Kedua ayat ni memiliki perintah dari Allah SWT yaitu bertakwa dan bertawakkal. Dengan mengamalkan perintah pd ayat ni insyaallah kita tak takut lagi akan kehabisan harta dan tak takut lagi menghadapi kesulitan. Sesuai dgn janji Allah pd ayat diatas rezeki akan dicukupkan dan dibukakan jalan keluar dari kesulitan serta masalah yg sedang kita hadapi.

Silahkan di SHARE...




Sumber : nrachmanbiz

other source : http://satoetoedjoehdelapan.blogspot.com, http://slideshare.net, http://tribunnews.com

Title : Ayat Al Quran yang Bisa Membuat Kaya Jika Diamalkan - Islami
Description :

0 Response to "Ayat Al Quran yang Bisa Membuat Kaya Jika Diamalkan - Islami"

Post a Comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *