[Ayam] Obsesi Roti 30: Roti Abon Isi Tumis Ayam

Obsesi Roti 30: Roti Abon Isi Tumis Ayam
mozvid.blogspot.com - Jika anda tinggal di Jakarta / kota lainnya di Indonesia dimana BreadTalk, sebuah bakery yang cukup kondang berada, maka anda pasti pernah mencicipi roti abon-nya yg lezat. Saya berani katakan pasti karena roti abon BreadTalk memang cukup terkenal dan sering menjadi tujuan utama untk dibeli jika kita singgah di salah satu tokonya. Rotinya sendiri sebenarnya tidaklah terlalu spesial / terlalu jauh berbeda dgn roti manis umumnya yg jg banyak dijual di bakery lainnya, yg membuat si roti abon ni banyak penggemarnya karena taburan abon sapi yg banyak di permukaan si roti. Nah abon ni melekat dgn bantuan selapis tipis vla yg berasa unik dgn rasa yg lezat. Vla inilah yg membuatnya berbeda dan menjadikannya roti abon yg istimewa.

Obsesi Roti 30: Roti Abon Isi Tumis AyamObsesi Roti 30: Roti Abon Isi Tumis Ayam
Walau harganya tak terlalu mahal tapi membuatnya sendiri sebenarnya tak terlalu susah. Dengan adonan roti yg saya sertakan di bawah anda bisa membuat banyak roti abon yg mampu membuat anda sekeluarga puas kekenyangan. Untuk adonan rotinya, tentu saja anda bisa menggunakan resep roti manis lainnya, / jika ingin bereksperimen, anda jg bisa menggunakan resep yg memakai taizhong di dalamnya. Walau sebenarnya roti ni sudah cukup lezat hanya dgn taburan abon di atas permukaannya, tapi saya tetap melakukan modifikasi. Mengisinya dgn ayam yg ditumis dgn sedikit bumbu. Terlalu berlebihan memang, tapi hasilnya mantap. Anda bisa mengikuti cara saya atau skip saja isi tumis ayam ni jika terlalu ribet. Bagaimana jika tak memiliki abon di rumah? Skip saja si abon, walau tak bernama roti abon lagi tapi roti ni sudah cukup lezat dgn tumisan ayam di dalamnya. ^_^

Obsesi Roti 30: Roti Abon Isi Tumis AyamObsesi Roti 30: Roti Abon Isi Tumis Ayam
Adonan rotinya cukup mudah di uleni dan tak terlalu lengket di tangan. Jika terasa sedikit lengket, lumurkan tangan anda dgn tepung dan mulailah menguleni lagi. Jangan tergoda untk menambahkan banyak-banyak tepung karena akan membuat adonan menjadi keras dan ujung-ujungnya menghasilkan roti yg kurang lembut. Proses fermentasi berperan sangat penting, diamkan roti minimal satu jam untk beristirahat dan memberikan kesempatan ragi bekerja maksimal. Fermentasi yg maksimal akan membuat roti menjadi lebih lembut dan memiliki rasa yg lebih lezat. Apakah adonan bisa dibuat hari ni dan dipanggang keesokan harinya? Pertanyaan ni banyak sekali diajukan di resep-resep roti yg pernah saya tampilkan dan jawaban saya adlh ya. Dengan catatan adonan harus anda masukkan ke wadah tertutup rapat, tak terkena udara dan simpan di kulkas.

Selebihnya membuat roti ni tidaklah susah bahkan menurut saya proses menguleninya jg terbilang sangat mudah dan cepat. Jadi apalagi yg anda tunggu? Yuk kita lihat resep dan prosesnya di bawah.

Obsesi Roti 30: Roti Abon Isi Tumis Ayam
Roti Abon Isi Tumis Ayam Resep adonan roti dari blog Fresh from The Oven - Caterpillar Bread
Resep vla hasil modifikasi sendiri
Untuk: 15 buah roti
Bahan adonan roti silahkan cek di link di sini ya: Caterpillar Bread.

Isi tumis ayam: - 300 gram ayam rebus, suwir-suwir - 3 siung bawang putih, cincang halus - 1/2 butir bawang bombay, cincang halus - 1/2 sendok teh kaldu bubuk - 1 sendok teh gula pasir - 1/4 sendok teh merica - 1 batang daun bawang rajang halus
Olesan, aduk jadi satu: - 3 sendok makan mayonnaise - 1 sendok makan susu kental manis - 1/2 sendok teh vanila ekstrak (optional)

Bahan lainnya:
Abon ayam / sapi secukupnya

Cara membuat tumisan ayam:


Obsesi Roti 30: Roti Abon Isi Tumis Ayam
Siapkan wajan, panaskan 1 sendok makan minyak. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum dan berubah menjadi kecoklatan. Tambahkan ayam suwir, aduk rata.

Masukkan kaldu bubuk, gula pasir, dan merica, aduk rata. Tambahkan rajangan daun bawang, masak hingga daun bawang layu, cicipi rasanya dan angkat. Biarkan hingga dingin.

Membuat roti:
Siapkan oven, set di suhu 165'C. Letakkan rak pemanggang di tengah oven. Siapkan loyang datar untk memanggang kue kering. Alasi permukaan loyang dgn kertas baking. Sisihkan.

Obsesi Roti 30: Roti Abon Isi Tumis Ayam
Siapkan adonan roti, bagi menjadi 15 bagian. Bulatkan masing-masing bagian roti. Tata di atas loyang datar, tutup dgn kain bersih dan biarkan selama 30 menit hingga mengembang.

Ambil satu buah adonan, letakkan di meja, pipihkan dgn telapak tangan / kayu penggilas. Letakkan 1 1/2 sendok makan tumisan ayam di tengah adonan, tekuk adonan hingga isi tertutup dan adonan menjadi berbentuk seperti setengah lingkaran yg memanjang.

Obsesi Roti 30: Roti Abon Isi Tumis Ayam
Rapatkan sambungan antar adonan, jepit-jepit dgn jari sehingga adonan menempel dgn baik. Pastikan sambungan adonan melekat dgn baik karena jika tak saat dipanggang roti akan terbuka.

Obsesi Roti 30: Roti Abon Isi Tumis Ayam
Letakkan roti di atas permukaan loyang beralas kertas baking dgn sambungan berada di bawah. Lakukan pd adonan lainnya, beri jarak antar roti. Panggang selama 15 - 20 menit hingga permukaan roti kuning kecoklatan, keluarkan dari oven dan dinginkan di rak kawat.

Note: jangan memanggang roti terlalu lama karena roti akan kering dan tak empuk lagi.

Jika roti telah dingin, olesi permukaannya dgn vla mayonnaise, kemudian taburi dgn abon sambil ditekan-tekan hingga abon menutupi permukaan roti dgn baik. Roti siap disantap. Yummy!

Sources:
blog Fresh from The Oven - Caterpillar Bread
Just Try & Taste - Caterpillar Bread

other source : http://justtryandtaste.com, http://log.viva.co.id, http://stackoverflow.com

Title : [Ayam] Obsesi Roti 30: Roti Abon Isi Tumis Ayam
Description :

0 Response to "[Ayam] Obsesi Roti 30: Roti Abon Isi Tumis Ayam"

Post a Comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *