Zakat: Zakat Kembali Lagi Kepada Muzakki

mozvid.blogspot.com - OLEH: Al MurtadhoPertanyaan :

bolehkah zakat fitrah kembali lagi kepada muzakki (orang yg berzakat) ?

jawaban :

tidak diperbolehkan beras yg telah dikeluarkan sebagai zakat kembali kepada muzakki, , dikarenakan itu adlh hak orang lain....
jika orang tersebut menyerahkan zakatnya melalui amil zakat jika nanti ada kemungkinan berasnya kembali lagi maka zakatnya sudah dianggap sah, dan jika melalui panitia zakat dianggap belum sah, , berarti ni jelas ada perbedaan antara amil dan panitia zakat...

Referensi :

نهاية الزين ص 178 دار الفكر

ومن ذلك يؤخذ أن نية أحدهما تغني عن نية الآخر وذلك إذا أخرج من المشترك وجاز التوكيل في أداء الزكاة لأنها حق مالي فجاز أن يوكل فيه كديون الآدميين ولذلك جاز توكيل كافر وصبي أي مميز في إعطائها لمعين أي يشترط لجواز توكيل دفع الزكاة إلى من ذكر تعيين المدفوع إليه ويشترط لبراءة ذمة الموكل العلم بوصولها للمستحق ومثل الصبي المميز السفيه والرقيق في ذلك

Jika penyaluran Zakat Fitrah ni diwakilkan pd orang lain, maka agar kewajibannya gugur, muwakkil (orang yg mewakilkan) alias muzakki (orang yg berzakat), diharuskan memastikan bahwa zakatnya benar-benar telah diterima orang yg berhak. Jika tak bisa memastikan, maka hal ni belum menggugurkan kewajibannya berzakat.

المجموع الجزء السابع ص 165

(الرابعة) في بيان الافضل قال اصحابنا تفريقه بنفسه أفضل من التوكيل بلا خلاف لانه على ثقة من تفريقه بخلاف الوكيل وعلي تقدير خيانة الوكيل لا يسقط الفرض عن المالك لان يده كيده فما لم يصل المال الي المستحقين لا تبرأ ذمة المالك بخلاف دفعها إلى الامام فانه بمجرد قبضه تسقط الزكاة عن المالك قال الماوردى وغيره وكذا الدفع الي الامام أفضل من التوكيل لما ذكرناه (وأما) التفريق بنفسه والدفع الي الامام ففى الافضل منهما تفصيل قال اصحابنا ان كانت الاموال باطنة والامام عادل ففيها وجهان (أصحهما) عند الجمهور الدفع الي الامام أفضل للاحاديث السابقة ولانه يتيقن سقوط الفرض به بخلاف تفرقه بنفسه فقد يصادف غير مستحق ولان الامام أعرف بالمستحقين وبالمصالح وبقدر الحاجات وبمن أخذ قبل هذه المرة من غيره ولانه يقصد لها وهذا الوجه قول ابن سريح وأبى اسحق قال المحاملي في المجموع والتجريد هو قول عامة أصحابنا وهو المذهب وكذا قاله آخرون قال الرافعى هذا هو الاصح عند الجمهور من العراقيين وغيرهم وبه قطع الصيدلانى وغيره

Bahwa kepanitiaan zakat fitrah secara fiqhiyyah bisa bisa distatuskan sebagai wakil dari muzakki, bisa pula berstatus amil yg notabene adlh wakil dari mustahiqq (orang yg berhak atas zakat). Secara sederhana, perbedaannya adlh bahwa amil adlh orang yg diberikan mandat oleh Imam (pemerintah) / naib-nya (bawahan pemerintah, bisa gubernur, bupati, camat hingga kepala desa) untk menjemput harta zakat dari orang-orang yg berkewajiban mengeluarkan zakat. Sedangkan wakil muzakki (selanjutnya disebut wakil saja), adlh orang yg dipercaya muzakki untk menyalurkan zakat.
Ada sejumlah konsekwensi hukum dari dua term tersebut. Diantaranya adlh bahwa begitu zakat telah diserahkan oleh muzakki kepada amil, maka gugurlah tanggungan kewajiban zakat dari muzakki. Sehingga andaikan amil salah sasaran, muzakki tak wajib mengeluarkan zakat lagi. Beda halnya dgn panitia yg berstatus wakil, maka selama zakat belum sampai ke tangan mustahiq, maka selamanya muzakki masih terbebani tanggungan kewajiban zakat. Sehingga andaikan panitia (yang berstatus wakil) salah sasaran dlm memberikan zakat, maka muzakki wajib mengeluarkan zakat lagi.

الأم الجزء الثاني ص 84

ولا يجوز لك إذا كانت الزكاة فرضا عليك أن يعود إليك منها شئ فإن أديت ما كان عليك أن تؤديه وإلا كنت عاصيا لو منعته فإن قال فإن وليتها غيرى؟ قيل إذا كنت لا تكون عاملا على غيرك لم يكن غيرك عاملا إذا استعملته أنت ولا يكون وكيلك فيها إلا في معناك أو أقل لان عليك تفريقها (1) فإذا تحقق منك فليس لك الانتقاص منها لما تحققت بقيامه بها (قال) ولا أحب لاحد من الناس يولى زكاة ماله غيره لان المحاسب بها المسئول عنها هو فهو أولى بالاجتهاد في وضعها مواضعها من غيره وأنه على يقين من فعل نفسه في أدائها وفى شك من فعل غيره لا يدرى أداها عنه أو لم يؤدها فإن قال أخاف حبائى فهو يخاف من غيره مثل ما يخاف من نفسه ويستيقن فعل نفسه في الاداء ويشك في فعل غيره

Bahwa dlm permasalahan zakat (terutama dlm zakat fitrah), sangat dimungkinkan, seseorang yg berhak menerima zakat, di satu sisi dia jg wajib mengeluarkan zakat. Ini karena kriteria fuqara'-masakin (sebagaimana yg dominan disandang mustahiq zakat) adlh orang yg tak memiliki kekayaan / pekerjaan yg cukup untk menghidupi dirinya dan keluarganya hingga batas usia yg lazim (ada yg berpendapat usia 60 tahun, 62 tahun dll). Sedangkan zakat fitrah wajib dikeluarkan oleh orang yg masih memiliki kelebihan harta yg cukup untk berzakat fitrah setelah memastikan ketersediaan pemenuhan kebutuhan (berupa nafkah dirinya dan keluarganya) di malam hari raya dan siangnya hingga matahari terbenam. Nah, jika dikaitkan dgn fenomena kepanitiaan zakat fitrah (dan kebanyakan kepanitiaan adlh swadaya alias statusnya adlh wakil, bukan amil), sangat mungkin terjadi, beras zakat fitrah yg diberikan oleh seorang muzakki kepada panitia, lalu oleh panitia didistribusikan kepada si muzakki lagi / keluarga yg wajib dinafkahinya. Padahal, zakat kembali lagi pd pemiliknya belum dianggap sah.

المجموع الجزء السادس صحـ 139-140
الرابعة ) في بيان الأفضل قال أصحابنا تفريقه بنفسه أفضل من التوكيل بلا خلاف ; لأنه على ثقة من تفريقه بخلاف الوكيل وعلى تقدير خيانة الوكيل لا يسقط الفرض عن المالك ; لأن يده كيده فما لم يصل المال إلى المستحقين لا تبرأ ذمة المالك بخلاف دفعها إلى الإمام فإنه بمجرد قبضه تسقط الزكاة عن المالك قال الماوردي وغيره وكذا الدفع إلى الإمام أفضل من التوكيل ; لما ذكرناه

Bahwa panitia (khususnya yg berstatus wakil) memiliki kewajiban moral agar menjaga keabsahan zakat dari muwakkil-nya (baca: muzakki). Ini adlh konsekwensi dari kesanggupan menjadi panitia. Karenanya, sebagai tindak antisipasi, tindakan yg tepat adlh dgn menandai beras zakat fitrah di dlm kantongnya dgn memberikan nama pemilik (muzakki), agar dlm mendistribusikan tak diberikan lagi kepada pemiliknya / keluarganya.
Dan, yg lebih aman, adlh muzakki mengantarkan sendiri zakat fitrahnya kepada yg berhak, / mengirim utusan pribadi (bukan panitia), untk mengantarkan zakat fitrah kepada yg berhak, sekaligus menentukan nama si penerima yg harus dituju. Dan, mengantar sendiri zakat fitrah ni adlh hal yg lebih utama.LINK DOKUMEN FB"https:/www.facebook.com/groups/mdm.kajian/doc/472504402846270/

other source : http://ilmu-syariat-mdm.blogspot.com, http://pinterest.com, http://google.com

Title : Zakat: Zakat Kembali Lagi Kepada Muzakki
Description : mozvid.blogspot.com - OLEH: Al Murtadho Pertanyaan : bolehkah zakat fitrah kembali lagi kepada muzakki (orang yg berzakat) ? jawaban : tidak...

0 Response to "Zakat: Zakat Kembali Lagi Kepada Muzakki"

Post a Comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *