Resep Nastar Lumer dan Remah a la Taiwan

Resep Nastar Lumer dan Remah a la Taiwan
mozvid.blogspot.com - Kira-kira setahun yg lalu, rekan kantor saya, Mba Mirah, memberikan saya sebuah kue yg dibungkus dlm kemasan cantik beserta kata-kata, "Cobain deh, ni nastar dari Taiwan." Teman saya ni memang sering sekali pergi ke Taiwan untk mengunjungi putra-putrinya yg berkuliah disana dan tiap kali kembali ke tanah air selalu membawa aneka makanan unik yg jarang ditemukan di Jakarta. Nah nastar ni salah satunya. Tart nanas ni sebenarnya tak jauh berbeda dari nastar umumnya yg biasa kita temui, yg membuatnya serupa tapi tak sama hanyalah bentuknya yg persegi panjang, berukuran jauh lebih besar dari nastar umumnya dan tentu saja dgn isi selai yg banyak.

Berhubung saya adlh penggila selai nanas maka nastar berukuran jumbo seperti ni tentu saja lebih sesuai selera, jadi saya pun berjanji suatu saat akan membuatnya sendiri. Tapi setahun telah berlalu, dan nastar a la Taiwan itu pun terlupakan dan hanya tinggal kenangan hingga kemudian saya membuka-buka draft blog JTT dan menemukan judulnya tanpa resep sama sekali. Waktu itu saya memang bermaksud untk mencobanya dan agar tak lupa maka nama makanan tersebut saya simpan di draft. Nah kali ni nastar a la Taiwan ni bukan hanya sekedar mimpi belaka tapi berhasil saya wujudkan di dapur dlm waktu yg tak terlalu lama. So, tertarik untk mencoba nastar dgn bentuk yg berbeda dan rasa yg tak kalah yummy? Yuk mari.... ^_^


Resep Nastar Lumer dan Remah a la TaiwanResep Nastar Lumer dan Remah a la Taiwan

Untuk membuat nastar ni maka anda memerlukan cetakan khusus berbentuk segi empat, biasanya cetakan ni terbuat dari bahan alumunium / metal lainnya dgn kedua sisi berlubang. Mirip dgn cetakan kue kering untuk sugar cookies dgn aneka pola. Tidak memiliki cetakannya? Ah saya juga! Tapi jangan khawatir, kita bisa membuatnya sendiri di rumah dgn sangat mudah, yg kita perlukan hanyalah kertas karton, gunting, aluminium foil dan stapler. Jadi sebelum kita terjun ke dapur dan membuat adonannya maka luangkan waktu sejenak untk melakukan prakarya.

Yep saya tahu, membuat prakarya merupakan pekerjaan yg sedikit 'menyebalkan', saya bahkan selalu mendapat nilai pas-pasan waktu jaman sekolah dulu. Tapi prakarya yg satu ni sangat mudah, dan jika anda memiliki putra-putri kecil yg bisa diberdayakan maka mintalah bantuan mereka. Saya sendiri menugaskan Heni untk urusan lipat melipat karena dia lebih rapi melakukannya. Membuat cetakan sendiri memiliki kelebihan yaitu kita bebas mengatur ukuran kue yg diinginkan, apakah persegi panjang ataukah sama sisi. Hanya saja pastikan agar kue tak terlalu tebal sehingga mampu matang sempurna dgn mudah, jadi ketebalan dua / tiga sentimeter menurut saya cukup pas.


Resep Nastar Lumer dan Remah a la TaiwanResep Nastar Lumer dan Remah a la Taiwan
Jika pola sudah dibuat, maka gunting pun bekerja dan tekuk lah potongan kertas tersebut sesuai dgn garis yg sudah dibuat. Masing-masing potongan pola wajib kita bungkus dgn alumunium foil, kemudian tekuk dan semat dgn stapler. Trala, jadi deh cetakan nastar. Nah supaya pekerjaan memanggang menjadi lebih cepat maka kita memerlukan cetakan yg banyak, saya sendiri membuat sebanyak 14 buah cetakan yg pas untk sehelai loyang kue kering yg saya miliki. Cetakan ni saya pakai bergantian untk semua adonan yg dibuat. Tapi jika anda ingin waktu memanggang yg lebih cepat apalagi ditunjang dgn kapasitas oven yg besar maka buatlah cetakan lebih banyak.

Wokeh sekarang ke adonan nastarnya. Beberapa pembaca memberikan komentar di resep Nastar Lembut Lumer Di Mulut yg pernah saya posting sebelumnya, anda bisa klik link disini untk melihatnya. Tips unik yg sampai weekend kemarin membuat saya penasaran adlh menambahkan kuning telur rebus ke dlm adonan. Konon katanya, kuning telur rebus membuat nastar lebih garing, remah dan lumer. Nah kali ni saya pun mengutak-atik resep nastar tersebut, menambahkan kuning telur rebus dan sedikit maizena dan hasilnya mantap. Nastar terasa garing, remah dan lumer di mulut.


Resep Nastar Lumer dan Remah a la TaiwanResep Nastar Lumer dan Remah a la Taiwan
Nastar sendiri merupakan kue istimewa yg banyak penggemarnya dan sepertinya 'kudu' wajib hadir saat Lebaran tiba. Tak heran dgn kepopulerannya yg luar biasa membuat hampir tiap pembuat kue ingin menaklukkan dan menjadi master dlm membuat nastar. Aneka modifikasi resep pun bermunculan dan masing-masing mengklaim nastar mereka yg terlezat. Jika kunci utama kastangel yg nendang adlh pd jenis keju yg digunakan, maka kunci utama nastar yg sedap adlh pd mentega yg digunakan. Karena itu gunakan mentega yg berkualitas baik, karena mentega yg seperti ni akan memberikan aroma harum dan rasa yg creamy, buttery, milky pd kue yg dibuat. Kebanyakan orang menyebut mentega ni dgn sebutan roombutter, dan jika anda kebingungan membedakan roombutter dengan butter maka sebenarnya kedua makhluk ni sama.

Roombutter adalah jenis mentega/butter yg umumnya mengacu pd kemasan kaleng seperti Wijsman, Hollman / Golden Churn (cap Gentong). Ibu saya bahkan selalu berkata, "Pakai mentega cap Gentong kalau mau kue keringnya enak, " padahal skill beliau saya akui 'payah' jika berurusan dgn baking, tapi beliau tahu kue enak berawal dari mentega yg bagus. Jadi ingin nastar anda istimewa tahun ini? Anda mungkin harus merogoh kocek sedikit lebih dlm untk disisihkan membeli mentega yg oke.


Resep Nastar Lumer dan Remah a la Taiwan
Beberapa mencampur mentega dgn margarine, beberapa menggunakan mentega utuh. Rekan kantor saya, Inry, yg jago baking dan selalu laris ketiban pesanan jika Lebaran seperti ni menyarankan untk mencampurnya. Full mentega menurut dia, "Terlalu mahteh dan milky banget, " Nah soal taste ni tentu saja saya serahkan ke selera masing-masing, saya sendiri terus terang penyuka butter karena aromanya yg sedap. Tapi berdasarkan pengalaman, 100% butter akan membuat nastar mekar, gendut, melebar, gepeng, kurang garing alias melempem sehingga mudah berjamur jika diletakkan di suhu ruang. Jadi di tiap resep nastar bisanya saya akan mencampur mentega dgn margarine.

Jika anda sering window shopping di toko bahan kue (saya sangat suka kegiatan ini!), maka mungkin disana anda akan melihat mentega kiloan bernama Baker' Mix. Ini merupakan campuran mentega dgn margarine sehingga warnanya kuning kepucatan. Anda bisa menggunakan jenis ni walau tentu saja untk aroma memang kurang begitu nendang.

Masih bingung membedakan mentega dan margarine? Nah anda mungkin bisa melihat postingan saya disini tentang Produk Dairy dan seputarnya.


Resep Nastar Lumer dan Remah a la Taiwan
Sekarang ke proses pembuatannya. Tidak ada yg berbeda dgn nastar umumnya, mentega, margarine dan gula bubuk cukup anda mikser hingga smooth. Gula bubuk ni bisa anda buat sendiri dgn memblender gula pasir hingga halus. Jika adonan mentega sudah lembut dan tampak mulai agak pucat dibandingkan warna semula, maka masukkan kuning telur baik yg rebus maupun yg mentah kemudian mikser kembali adonan hingga kembang dan pucat. Nah untk proses berikutnya yaitu mencampurkan bahan kering dgn adonan mentega maka sebaiknya kita gunakan spatula saja. Aduk perlahan, jangan over mixing, karena tepung terigu jika bercampur dgn bahan basah akan segera membentuk gluten. Mengaduk berlebihan akan membuat gluten semakin banyak terbentuk dan membuat kue menjadi bantat / keras. Adonan yg terbentuk tak lengket dan sangat nyaman dibentuk, jadi tak perlu memasukkannya ke dlm kulkas.


Resep Nastar Lumer dan Remah a la Taiwan
Sekarang ke proses mencetaknya. Berbeda dgn nastar umumnya dimana adonan cukup diisi selai nanas dan digelinding bulat seukuran bola bekel kecil, maka nastar yg satu ni dicetak menggunakan cetakan yg sudah kita persiapkan sebelumnya. Agar ukurannya pas, maka kita harus trial dan error terlebih dahulu. Ambil sepotong adonan, timbang seksama dgn timbangan digital, demikian jg dgn selai nanasnya yg telah dibulatkan dan ditimbang. Gabungkan dan bentuk bulat, kemudian masukkan ke cetakan, jika ukurannya telah sesuai maka anda harus menimbang semua adonan dan selai menjadi ukuran yg seragam. Ribet? Ah sama sekali tidak. Timbanglah semua bulatan selai dan adonan terlebih dahulu, baru gabungkan selai dan adonan tersebut satu persatu dan masukkan ke dlm cetakannya. Percayalah ni jauh lebih cepat dibandingkan membuat ratusan bulatan nastar yg berukuran imut. ^_^

Untuk selai nanasnya, anda bisa membuatnya sendiri di rumah / membeli selai nanas khusus nastar di toko bahan kue. Klik link di Membuat Selai dan Tart Nanas untk membuat selai nanas sendiri. Nah jika anda bertanya-tanya mengapa selai nanas yg saya gunakan berbeda warnanya, itu karena jenis gula yg digunakan. Gula jawa akan memberikan warna coklat di selai dibandingkan dgn gula pasir yg membuat selai berwarna kuning keemasan.


Resep Nastar Lumer dan Remah a la Taiwan
Untuk memanggangnya, saran saya gunakan api atas bawah agar matang merata. Berhubung karena saya menggunakan oven gas dgn api di bawah saja dan tanpa timer, maka ketika bagian bawah mulai kecoklatan maka nastar saya balikkan agar sisi lainnya bisa matang juga. Nah bagaimana sisi kiri kanannya? Well, agar semua sisi mampu kuning kecoklatan maka panggang sebentar sisi-sisi tersebut. Nastar yg garing diperoleh dari proses pemanggangan yg maksimal, dan karena nastar a la Taiwan ni berkuran jumbo maka berilah waktu sedikit lebih lama agar matang sempurna. Tidak memerlukan waktu lama untk memanggangnya, dan ketika permukaannya sudah terlihat kuning kecoklatan maka nastar sudah matang. Terus terang nastar yg saya buat agak 'sedikit' over baked, bagi anda yg lebih suka tekstur nastar yg tak terlalu renyah dan benar-benar lumer dgn mudah di mulut maka panggang hingga sedikit kuning keemasan saja.

Bagaimana melepaskannya dari cetakan? Kita harus menunggunya hingga agak dingin, saat itu nastar akan mengeras dan tak terlalu rapuh. Karena kandungan mentega dan margarine yg banyak maka kue ni tak sulit untk dilepaskan, tapi supaya aman kita bisa mengoleskan cetakan dgn margarine sebelum digunakan untk mencetak adonan.

Berikut resep dan prosesnya ya.


Resep Nastar Lumer dan Remah a la Taiwan
Nastar a la TaiwanResep hasil modifikasi sendiri

Untuk 27 buah nastar

Tertarik dgn resep kue kering lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
Kue Kering Selai Kacang
Kastangel - Si Gurih dgn cita rasa keju yg nendang
Nigella Lawson's Intense Chocolate Cookies

Bahan: - 150 gram mentega - 100 gram margarine - 90 gram gula halus (blender gula pasir hingga menjadi tepung) - 2 butir kuning telur - 2 buah kuning telur yg telah direbus
- 1 1/2 sendok teh vanilli ekstrak, / 1/2 sendok teh vanilli essence / 1/4 sendok teh vanilli bubuk - 1/2 sendok teh garam (hilangkan jika anda menggunakan mentega asin/salted butter)
- 300 gram tepung terigu protein rendah - 50 gram tepung maizena - 50 gram susu bubuk

Bahan lainnya: - selai nanas secukupnya untk isi nastar, masukkan ke dlm kulkas hingga keras agar mudah dibentuk dan dibulatkn.

Cara membuat:
Membuat cetakan nastar

Resep Nastar Lumer dan Remah a la Taiwan
Siapkan kertas karton (saya menggunakan kertas map yg tebal), buat pola di permukaan karton dgn pensil. Untuk membuat 1 buah cetakan maka buatlah persegi panjang dgn panjang 21 cm dan lebar 2.25 cm. Karena cetakan yg saya buat memiliki panjang 5 cm dan lebar 3 cm maka dari garis panjang ni saya beri garis pemisah sepanjang 5 cm dan 3 cm.

Jadi dlm 1 cetakan, kita akan mendapatkan 3 buah sisi sepanjang 5 cm dan 2 buah sisi sepanjang 3 cm. Sisi panjang pertama dan terakhir akan dilekatkan menjadi satu dan di stapler. Gunting masing-masing pola ini, buat sebanyak yg anda bisa, saya sendiri membuat sebanyak 14 buah pola. Tekuk pola mengikuti garis yg sudah dibuat, sebaiknya karton ditekuk ketika belum dibungkus dgn foil.

Sekarang kita akan membungkusnya dgn foil.

Letakkan sepotong kertas yg sudah ditekuk di permukaan sehelai alumunium foil.


Resep Nastar Lumer dan Remah a la Taiwan
Bungkus karton dgn alumunium foil hingga rapat, gunting foil, dan tekuk pola kemudian lekatkan sisi panjang pertama dan terakhir dgn stapler sehingga terbentuk kotak persegi panjang. Olesi bagian sisi cetakan dgn margarine, sisihkan.

Membuat nastar
Persiapan

Resep Nastar Lumer dan Remah a la Taiwan
Siapkan kuning telur rebus, hancurkan dgn sendok hingga halus. Sisihkan.

Keluarkan selai nanas dari dlm chiller, basahi permukaan tangan dgn air dan bulatkan selai dgn berat masing-masing 18 gram, buat sebanyak 27 buah. Membasahi tangan dgn air tujuannya agar selai tak lengket. Sisihkan.

Siapkan mangkuk, campur jadi satu bahan kering (tepung terigu, tepung maizena, dan susu bubuk). Sisihkan.

Membuat adonan dan membentuknya


Resep Nastar Lumer dan Remah a la Taiwan
Siapkan mangkuk mikser, masukkan mentega, margarine, gula bubuk dan garam (jika pakai). Kocok dgn speed sedang hingga smooth dan pucat, masukkan kuning telur rebus dan kuning telur mentah kemudian kocok hingga adonan tercampur baik, mengembang dan lembut. Matikan mikser.

Resep Nastar Lumer dan Remah a la Taiwan

Masukkan campuran tepung dgn cara diayak langsung diatas adonan mentega, aduk perlahan dgn spatula hingga tercampur baik. Jangan over mixing, segera hentikan mengaduk jika adonan sudah tercampur.
Bagi adonan menjadi 27 bagian dan timbang masing-masing seberat 35 gram, bentuk bulat kasar saja. Sisihkan.
Panaskan oven, set disuhu 165'C. Gunakan api atas dan bawah, letakkan rak pemanggang di tengah oven. Siapkan sebuah loyang tipis untk memanggang kue kering, letakkan sehelai kertas baking di atasnya. Jika loyang anda terlalu tipis maka double loyang supaya panas stabil dan bagian dasar nastar tak mudah gosong.

Ambil sepotong adonan, lebarkan di permukaan tangan. Letakkan sebuah bulatan selai di tengahnya.

Resep Nastar Lumer dan Remah a la Taiwan
Tutup bulatan selai dgn adonan, bulatkan dan sedikit pipihkan agar mudah masuk ke dlm cetakan. Masukkan adonan ke dlm cetakan, tekan dan pipihkan hingga semua adonan masuk ke dlm cetakan. Pastikan sudut cetakan terisi dgn adonan agar nastar bisa berbentuk persegi. Muluskan permukaannya dgn menekan adonan dgn permukaan tangan.


Resep Nastar Lumer dan Remah a la Taiwan
Isi semua cetakan dgn adonan, tata di loyang yg telah disiapkan. Panggang hingga bagian dasar nastar mulai sedikit kecoklatan selama sekitar 10 - 15 menit, balikkan kue hingga bagian atas berpindah ke bawah dan panggang hingga matang.

Note:
- Bagian kue yg tertutup cetakan kemungkinan tak akan berwarna kecoklatan, tapi sebenarnya kue telah matang.
- Jenis oven (gas, listrik / tangkring) akan mempengaruhi suhu oven dan lama waktu memanggang. Lama memanggang bisa berbeda-beda antar oven karena itu pastikan kematangan kue dgn mengeceknya secara langsung dan bukan hanya berdasarkan waktu yg ditentukan.


Resep Nastar Lumer dan Remah a la Taiwan
Kelurkan nastar dari oven, pindahkan ke rak kawat dan biarkan hingga nastar benar-benar dingin sebelum dilepaskan dari cetakannya. Nastar yg masih panas akan rapuh dan mudah hancur jika dipaksa keluar dari cetakannya. Siap disantap, ketika bedug berbuka telah berbunyi tentunya. Yummy! ^_^

other source : http://viva.co.id, http://google.com, http://justtryandtaste.com

Title : Resep Nastar Lumer dan Remah a la Taiwan
Description :

0 Response to "Resep Nastar Lumer dan Remah a la Taiwan"

Post a Comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *